Sunday, April 24, 2016

Tips Ngenet : Cara Restore Banyak Tab di Browser yang Sudah Ditutup

Cara Membuka Kembali Banyak Tab di Browser yang Sudah Ditutup

Halo sob, tengah malam minggu ini saya sedang sibuk mempelajari sesuatu yang baru. Biasanya kalo kita belajar lewat internet pasti buka banyak tab (atau cuma saya aja yang gitu), dari dulu gitu terus dan capek juga buka satu-satu tab yang sudah pernah kita kunjungi karena memang materinya belum kelar dibaca.

Dari situ saya baru kepikiran mencari cara untuk menyimpan session tab-tab yang pernah saya buka agar bisa saya restore dengan cepat. Nah dengan googling tak lebih dari 5 detik, langsung saya praktikan saja cara yang saya dapat dari website lifehacker.com.

Cara 1

Sebenarnya di Chrome, Firefox, atau browser lainnya sudah ada fitur "Bookmark semua tab" atau "Bookmark all tabs" yang dapat menyimpan bookmark pada sesi yang sedang berjalan. Kamu dapat menambah sebanyak tab yang kamu inginkan dalam 1 tombol dengan fitur ini. Untuk menggunakan fitur ini, simak langkah-langkah berikut.
  • Pilih tab yang sekiranya kamu butuhkan dengan cara sambil menahan tombol Ctrl → klik tab tab yang diinginkan. Lalu pindah ke jendela browser baru dengan drag-drop, maka akan muncul jendela browser baru.

    memilih tab
  • Klik kanan sebuah sembarang tab → dan pilih "Bookmark semua tab" → letakkan di dalam folder yang diinginkan, masukkan juga nama folder.

    menandai semua tab

    menyimpan penanda
  • Saat kamu ingin membuka semua tab yang kamu butuhkan tadi, tinggal klik kanan folder tadi → pilih "Buka semua bookmark".
Jadi kamu tidak perlu repot-repot lagi mengetikkan alamat web atau mengeklik satu per satu bookmark yang kamu butuhkan untuk melanjutkan browsingmu.

Cara 2

Selain itu, untuk melanjutkan sesi banyak tab yang ingin dibuka lagi, cukup dengan menambahkan ekstensi Chrome yang sangat berguna yaitu Session Buddy. Ingin tahu caranya? Berikut langkah-langkahnya.
  • Download ekstensi Chrome → Session Buddy.

    mengunduh session buddy
  • Tunggu hingga Chrome selesai mengunduh dan memasangnya.
  • Aktifkan ekstensinya dengan cara klik ikon Session Buddy di sebelah kanan atas browser Chrome.
  • Sekali diaktifkan, maka Session Buddy akan membuatkan record sesi otomatis. Disini kamu bisa menyimpan sesi yang sedang berjalan secara cepat dengan cara klik kanan di halaman browser pilih "Save current session" untuk menyimpan sesi. Jika ingin menyimpan nanti maka bisa dilakukan melalui main menu Session Buddy.

    menyimpan sesi sekarang

    main menu session buddy

    menyimpan sesi
  • Untuk membuka kembali cukup klik lagi ikon Session Buddy lalu klik pilihan restore pada satu window atau multiwindow maka semua tab yang tersimpan pada sesi sebelumnya akan terbuka.

    restore sesi ke pilihan window
Masih banyak pengaturan di Session Buddy, seperti jumlah sesi yang bisa disimpan, menyatukan semua tab dalam satu window, mengombinasikan tab yang sama persis menjadi sebuah tab, dan lain lain.

Karena sudah saya jelaskan semuanya cara membuka kembali banyak tab di browser yang sudah ditutup dan tidak ada yang perlu dibahas lagi karena cukup sampai di sini, maka berakhirlah artikel singkat ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba sob!

Sumber: http://lifehacker.com/save-sets-of-multiple-tabs-to-launch-later-in-the-bookm-1453967463